Akuntansi Manajemen

 

MANFAAT INFORMASI HARGA POKOK PRODUKSI  DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK

 

 

Disusun untuk Memenuhi Tugas Akuntansi Manajemen

Dosen Pengampu: Dr. Hj. Suyatmini, SE., M.Si.

 

 

 

 

Oleh:

NURUL DWI ARIANI

A. 210100107

VC

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

                                                              2013

I.         MANFAAT INFORMASI HARGA POKOK PRODUKSI  DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK

 

A.  Latar Belakang

Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol.

Kemampuan manajemen dalam mengambil keputusan merupakan salah satu hal yang mendukung keberhasilan perusahaan. Agar suatu operasi perusahaan dapat berjalan dengan baik, maka manajemen semakin memerlukan informasi yang akurat dalam mengambil keputusan. Dengan semakin berkembangnya perusahaan manajemen dituntut untuk mampu mengatasi semua masalah yang dihadapi.

Salah satunya adalah manfaat informasi harga pokok produksi dalam menentukan harga jual produk. Harga pokok produksi dalam perusahaan merupakan masalah intern yang sangat membutuhkan perhatian, karena harga pokok produksi ini merupakan bagian yang paling besar dari seluruh biaya yang dikeluarkan. Kesalahan dalam perhitungan harga pokok produksi akan mengakibatkan ketidaktepatan dalam penyajian informasi akuntansi, dan pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan yang diambil oleh manajemen perusahaan yang menggunakan informasi akuntansi tersebut. Informasi mengenai harga pokok produk dapat digunakan sebagai dasar penentuan harga jual produk disamping sebagai dasar untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengelolaan perusahaan.

 

 

 

B.  Permasalahan

1.      Apa Pengertian Harga Pokok Produksi dan Harga Jual Produk?

2.      Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk?

3.      Bagaimana Manfaat Informasi Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Produk?

 

C.  Tujuan / Manfaat

1.      Untuk Mengetahui Harga Pokok Produksi dan Harga Jual Produk.

2.      Untuk Mengetahui Cara Menentukan Harga Jual Produk?

3.      Untuk Mengetahui Manfaat Informasi Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Produk?

 

II.      Kajian Pustaka

A.       Pengertian Harga Pokok Produksi dan Harga Jual Produk.

‘’Harga pokok produksi merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dengan satuan uang, yang telah terjadi untuk memperoleh suatuproduk  (http://www.jtanzilco.com/main/index.php/component/content/article/1-kap-news/366-pentingnya-perhitungan-harga-pokok-produksi-dalam-penetapan-harga-jual)’’.

‘’Harga pokok produksi adalah biaya operational yang di timbulkan dalam menjalankan usaha dalam suatu periode di bagi jumlah produk yang dapat di jual dalam suatu periode tersebut (http://ukmkecil.com/ukm/tips-menentukan-harga-jual)’’.

“Harga pokok produksi adalah sejumlah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik yang terjadi selama periode tertentu dan berkaitan juga dengan barang-barang setengah jadi. (http://mbegedut.blogspot.com/2012/04/pengertian-harga-pokok-produksi-menurut.html)”.

Harga Pokok Produksi menurut Hansen dan Mowen dalam bukunya ”Management Accounting” adalah sebagai berikut : “Harga pokok produksi adalah mewakili jumlah biaya barang yang diseleseikan pada periode tertentu”.(2004 ; 48)

“Harga jual adalah jumlah moneter yang dibebankan oleh suatu unit usaha kepada pembeli atau pelanggan atas barang atau jasa yang dijual atau diserahkan”.

(http://ilmumanajemen.wordpress.com/2007/06/15/penetapan-harga-jual/)

Hansen & Mowen mengemukakan bahwa “Harga jual adalah jumlah moneter yang dibebankan oleh suatu unit usaha kepada pembeli atau pelanggan atas barang atau jasa yang dijual atau diserahkan”.

 “Harga jual merupakan jumlah tertentu yang dibayarkan oleh konsumen terhadap barang atau jasa yang diterima”. (http://www.ilmu-ekonomi.com/2012/04/pengertian-harga-jual.html)

 

B.       Cara Menentukan Harga Jual Produk.

Peranan harga jual dalam mendapatkan pasar memiliki pengaruh yang cukup besar. Oleh karena itu, penentuan harga memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan penjualan. Dalam menentukan harga jual, ada beberapa parameter yang harus dicermati agar kualitas produk bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan sedangkan dari harga penjualan usaha tersebut tidak mengalami kerugian bahkan mendapatkan keuntungan, strateginya adalah :

1.    Untuk mendapatkan harga modal awal (bahan baku) yang rendah/murah didapat dengan cara membeli langsung dari produsen atau membuat produk sendiri. Dengan demikian kita bisa mendapatkan kisaran harga yang tidak terlalu tinggi dibanding para pesaing.

2.    Strategi berikutnya adalah sebaiknya jangan terlalu tinnggi/besar dalam menentukan tingkat keuntungan bagi perusahaan. Hal ini dapat disiasati dengan cara menjual dengan kuantitas yang banyak.

3.    Hendaknya harga yang ditawarkan kepada konsumen cukup kompetitif dengan harga produk pesaing.

4.    Lakukan efisiensi dan efektifitas biaya operasional sehari-­hari untuk menekan biaya produksi.

C.       Manfaat Informasi Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Produk.

Harga pokok produksi memiliki manfaat untuk menentukan harga jual yang akan dibebankan kepada pelanggan. Penjualan produk berhubungan erat dengan harga pokok produksinya. Harga jual yang dibebankan kepada pelanggan sangat ditentukan oleh besarnya biaya produksi yang akan dikeluarkan untuk memproduksi produk. Formula untuk menentukan harga jual yang akan dibebankan kepada pelanggan adalah sebagai berikut:

Estimasi harga pokok produksi                            xxx

Estimasi biaya non produksi                                xxx

                                                                         ———– +

Estimasi total biaya                                              xxx

Laba Yang Diinginkan                                         xxx

                                                                         ———— +

Taksiran harga jual yang dibebankan                   xxx

Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi produk selesai yang siap untuk dijual, sedangkan biaya non produksi merupakan biaya diluar biaya produksi, seperti biaya-biaya untuk kegiatan administrasi dan umum, biaya penelitian dan pengembangan, biaya distribusi serta biaya-biaya penjualan seperti gaji dan komisi bagian pemasaran. Menurut obyek pengeluarannya biaya produksi dibagi menjadi:

·      Pemakaian Bahan Baku: Pemakaian bahan baku dalam arti luas adalah elemen yang digunakan sebagai dasar untuk pembuatan barang jadi, contohnya: kertas dan tinta dalam perusahaan percetakan. Pemakaian bahan dihitung dari real pemakaian bahan berdasarkan bon permintaan bahan.

·      Biaya Tenaga Kerja Langsung: Biaya tenaga kerja langsung merupakan biaya yang dikeluarkan untuk mengerjakan bahan mentah sampai menjadi barang jadi. Perhitungan biaya tenaga kerja langsung berdasarkan jam kerja efektif (tidak termasuk idle time) dikalikan dengan upah perjam.

·      Biaya Overhead Pabrik: Biaya overhead pabrik merupakan biaya produksi yang dibebankan selain bahan baku dan tenaga kerja langsung. Contohnya: penyusutan gedung, biaya sewa gedung, perbaikan mesin, tenaga kerja tidak langsung, dll. Dalam menghitung biaya overhead yang harus dilakukan adalah menetapkan tariff standar dari seluruh komponen biaya overhead, penentuan tariff dapat dihitung dari anggaran ataupun biaya-biaya yang sudah terealisasi sebelumnya. Perhitungan biaya overhead yang diperhitungkan merupakan perkalian dari tariff standar perjam dengan jam mesin efektif actual setiap proses.

 

III.   Hasil / Solusi dari Pembahasan

Peranan harga jual dalam mendapatkan pasar memiliki pengaruh yang cukup besar. Dalam menentukan harga jual dari suatu komoditas, jangan sampai harga jual tersebut melampaui harga eceran tertinggi hal ini dapat mengakibatkan produk sulit terjual dan usaha tidak mudah untuk memperoleh pelanggan, hal ini terjadi saat penentuan harga jual yang dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  Oleh karena penentuan harga produk  memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan penjualan.

 

 

 

 

IV.   Kesimpulan

Harga pokok produksi merupakan sejumlah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik yang terjadi selama periode tertentu dan berkaitan juga dengan barang-barang setengah jadi. Sedangkan harga jual adalah jumlah moneter yang dibebankan oleh suatu unit usaha kepada pembeli atau pelanggan atas barang atau jasa yang dijual atau diserahkan.

Penentuan harga memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan penjualan. Penjualan produk berhubungan erat dengan harga pokok produksinya. Harga jual yang dibebankan kepada pelanggan sangat ditentukan oleh besarnya biaya produksi yang akan dikeluarkan untuk memproduksi produk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

ermayanti, dwi. (http://dwiermayanti.wordpress.com/2011/12/07/harga-pokok-produksi-dan-harga-transfer/ ). Diakses Tanggal 2 Januari 2013. Pukul 13.30 WIB.

 

Susilo, Joko. (http://www.jokosusilo.com/2012/09/06/3-strategi-menetapkan-harga-jual-produk/). Diakses Tanggal 2 Januari 2013. Pukul 13.31 WIB

(http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi_manajemen). Diakses Tanggal 31 Desember 2012. Pukul 09.00 WIB.

(http://www.jtanzilco.com/main/index.php/component/content/article/1-kap-news/366-pentingnya-perhitungan-harga-pokok–produksi-dalam-penetapan-harga-jual). Diakses Tanggal 31 Desember 2012. Pukul 09.10 WIB

(http://binaukm.com/2011/07/kiat-menentukan-harga-jual-sebagai-strategi-pengembangan-pemasaran/). Diakses Tanggal 2 Januari 2013. Pukul 13.35 WIB.

(http://ilmumanajemen.wordpress.com/2007/06/15/penetapan-harga-jual/). Diakses Tanggal 3 Januari 2013. Pukul 15.00 WIB

(http://www.ilmu-ekonomi.com/2012/04/pengertian-harga-jual.html). Diakses Tanggal 3 Januari 2013. Pukul 15.05 WIB.

(http://mbegedut.blogspot.com/2012/04/pengertian-harga-pokok-produksi-menurut.html). Diakses Tanggal 3 Januari 2013. Pukul 15.10 WIB.

(http://ukmkecil.com/ukm/tips-menentukan-harga-jual). Diakses Tanggal 3 Januari 2013. Pukul 15.13 WIB.

 

a

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s