Peran Guru

                PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS

PENDIDIKAN DI INDONESIA

 

Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Dari pengertian di atas jelas bahwa guru itu  memiliki peranan yang strategis dan merupakan kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan kelembagaan sekolah, karena guru adalah pengelola KBM bagi para siswanya. Kegiatan belajar mengajar akan efektif apabila tersedia guru yang sesuai dengan kebutuhan sekolah baik jumlah, kualifikasi maupun bidang keahliannya.

Guru tetap yaitu guru yang telah memiliki status minimal sebagai calon pegawai negeri sipil dan telah ditugaskankan di sekolah tertentu sebagai instansi induknya. Selaku guru di sekolah swasta, guru tersebut dinyatakan guru tetap jika telah memiliki kewenangan khusus yang tetap untuk mengajar di suatu yayasan tertentu yang telah diakreditasi oleh pihak yang telah berwenang di kepemerintahan Indonesia. Sedangkan guru honorer yaitu guru tidak tetap belum berstatus minimal sebagai calon pegawai sipil, dan digaji per jam pelajaran. Seringkali guru tersebut digali sukarela, dan bahkan di bawah gaji minimim yang telah ditetapkan secara resmi. Pada umumnya, guru tersebut menjadi calon pegawai negeri sipil melalui jalur honorer, ataupun sebagai penunggu peluang untuk lulus tes calon pegawai negeri sipil formasi umum.

Peningkatan profesionalisme guru diupayakan melalui beberapa kegiatan:

1.    Meningkatalan kualitas pre servise dengan menitik beratkan pada kegiatan pembelajaran dan penguasaan prakti mengajar.

2.    Memperbaiki sistem recruitmen guru dan tenaga kependidikan melaui seleksi terhadap calon guru dan tenaga kependidikan melalui kerjasama dengan LPTK  dan Pemerintah setempat.

3.    Meningkatkan kualitas sistem in serving training dengan diberikannya keleluasaan sekolah untuk menyelenggarakan up grading guru melalui LPTK dan lembaga kepelatihan profesional lainnya.

4.    Memberdayakan forum-forum profesional guru, kepala sekolah sebagai wahana berdiskusi tentang permasalahan pendidikan dan pengajaran yang sedang dihadapi. 

Guru mengabdikan diri dan berbakti untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang bermain, bertakwa dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradap. Guru Indonesia selalu tampil secara profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan. Melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru Indonesia memiliki kehandalan yang tinggi sebagai sumber daya utama untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Guru Indonesia adalah insan yang layak ditiru dalam kehidupan bermasya-rakat, berbangsa dan bernegara, khususnya oleh peserta didik yang dalam melaksanakan tugas berpagang teguh pada prinsip ‘’ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karso, tut wuri handayani’’. Dalam usaha mewujudkan prinsip-prinsip tersebut guru Indonesia ketika menjalankan tugas-tugas profesional sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Guru Indonesia bertanggung jawab mengantarkan siswanya untuk mencapai kedewasaan sebagai calon pemimpin bangsa pada semua kehidupan. Untuk itu, pihak-pihak yang berkepentingan selayaknya tidak mengabaikan peranan guru dan profesinya, agar bangsa dan negara dapat tumbuh sejajar dengan bangsa lain di negara maju, baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Kondisi seperti itu dapat mengisyaratkan bahwa guru dan profesinya merupakan komponen kehidupan yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara ini sepanjang zaman. Hanya  dengan tugas pelaksanaan tugas guru secara profesional hal itu dapat diwujudkan eksistensi bangsa dan negara yang bermakna, terhormat dan dihormati dalam pergaulanantar bangsa-bangsa di dunia ini.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s