Bulutangkis

Indonesia Melaju Ke Perempat Finali

Kemenangan Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir atas pasangan ganda campuran India, Vishnu Arun/Balan Aparna menutup laga perdana Indonesia di ajang Piala Sudirman 2013 dengan skor 4-1. Sebelumnya pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari menghabisi peluang India setelah memenangkan pertarungan alot dan ketat melawan pasangan India Ashwini Ponnapa/ Gadre Pradnya dengan skor 21-19, 22-20.

Bulutangkis.com – Kemenangan Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir atas pasangan ganda campuran India, Vishnu Arun/Balan Aparna menutup laga perdana Indonesia di ajang Piala Sudirman 2013 dengan skor 4-1. Sebelumnya pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari menghabisi peluang India setelah memenangkan pertarungan alot dan ketat melawan pasangan India Ashwini Ponnapa/ Gadre Pradnya dengan skor 21-19, 22-20.

Kejar-mengejar angka mewarnai jalannya pertandingan. Kedua pasangan saling bergantian memimpin hingga 5-5. Namun Towi/Natsir mulai mendikte lawan dan merebut interval set pertama dengan skor 11-6. Setelah turun minum, India sempat menambah angka dengan memanfaatkan kesalahan Towi. Pasangan Indonesia yang terlihat bermain santai namun tetap dengan penempatan-penempatan bola yang menyulitkan lawan serta smash-smash tajam menghujam menutup set pertama dengan skor 21-13.

Pada awal set kedua, India sempat unggul 0-3. Namun dengan permainan menyerang dan smash tajam yang dihujam Towi, Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Pertandingan cukup ketat pada set kedua. Kedua pasangan saling bergantian menyerang. Namun Towi/Natsir mengambil interval set kedua 11-10. Setelah turun minum, Towi/Natsir kembali mendikte lawan dan merebut kemenangan mutlak 21-14.

Indonesia pun melaju ke babak perempat final. Namun sebelumnya Indonesia akan berhadapan dengan tim kuat sekaligus unggulan pertama, China untuk menentukan juara grup.

Hayom Kalah

Indonesia yang sudah unggul 2-0 menurukan Dyonisius Hayom Rumbaka sebagai tunggal putra di partai ketiga menghadapi Kashyap Parupalli.

Hayom yang unggul dalam dua pertemuan terakhir menghadapi Kashyap tertinggal 2-5 pada set pertama. Hayom yang memperlihatkan skill menawan membuat penonton bersorak ketika smash kerasnya menghujam sisi kanan Kashyap. Perolehan poin Hayom pun mendekati Kashyap menjadi 4-6. Hayom pun menyamakan kedudukan menjadi 6-6 ketika smash kerasnya kearah kiri Kashyap tak mampu dikembalikan dengan sempurna oleh pemain India itu.

Hayom kembali tertinggal 8-10 setelah pukulannya terlalu melebar ke sisi kanan. Dan Kashyap mengambil interval set pertama dengan skor 8-11 setelah smash silangnya tak dapat dijangkau oleh Hayom. Setelah turun minum, Hayom banyak memberikan poin mudah setelah banyaknya pukulan tunggal Indonesia yang keluar. Hayom semakin tertinggal 8-15. Namun perlahan tapi pasti, Hayom yang mengandalkan smash-smash kerasnya mulai mengejar hingga 12-15. Namun lagi-lagi Hayom melakukan kesalahan dua kali berturut-turut setelah memberikan bola tanggung yang menguntungkan Kashyap. Hayom semakin tertinggal 12-17.

Namun Hayom terlihat mulai focus dan menemukan pola permainannya sehingga mendekati perolehan Kashyap menjadi 18-19. Tapi apa mahu dikata, Hayom gagal mengembalikan smash Kashyap dan membuat pemain India itu merebut set pertama dengan skor 18-21.

Skill menawan di depan net diperlihatkan Hayom pada awal set kedua dan membuka skor menjadi 2-0. Kejar mengejar poin terjadi menjelang interval set kedua. Kedua pemain saling bergantian unggul. Pukulan Hayom yang terlalu kuat ke belakang menutup interval set kedua dengan skor 10-11 untuk keunggulan Kashyap.

Setelah turun minum, Hayom bermain di bawah tekanan. Berkali-kali Kashyap memaksa Hayom melakukan kesalahan dan memberikan bola-bola yang menguntungkan Kashyap sehingga pemain India itu unggul 10-15. Berkali-kali Hayom melakukan kesalahan. Sejak interval set kedua, Kashyap terus melaju hingga 10-18 dan 11-20 memanfaatkan banyaknya kesalahan Hayom. Hayom hanya sanggup menambah beberapa angka saja sebelum kalah 14-21.India pun menipiskan ketinggalan menjadi 2-1.

Kepada para wartawan, Hayom mengatakan bahwa Kashyap telah mengantisipasi cara bermain dia. Ketika Hayom mulai merubah pola permainan, dia tak mamu mengejar karena sudah tertinggal cukup jauh.

Joko Suprianto, pelatih Hayom menambahkan bahwa pada set pertama Hayom cukup menyerang. Namun setelah kedudukan 18-19, Hayom memberikan dua angka mudah kepada Kashyap dan menutup set pertama dengan skor 18-21.

“Setelah kekalahan di set pertama, Hayom tidak lepas dan terlalu berhati-hati di set kedua” , tambah Joko Suprianto.

Liputan langsung Piala Sudirman 2013 oleh Rangga Perdana dan Tomi Arifin.(*)

 

Sumber: http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=8808

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s